Apakah Perkembangan Itu?

Kalau sebelumnya saya sudah menulis tentang teori perkembangan manusia, tapi belum sempat menulis tentang arti dan difinisi dari perkembangan tersebut. Maka dalam kesempatan kali ini, ada baiknya kalau saya akan sedikit mengurai sedikit tentang sesunggunhnya apa yang dimaksud dengan perkembangan itu? Karena saya pandang ini juga perlu untuk kita ketahui. Lets start our lesson….

Perekambangan menggambarkan pertumbuhan manusia sepanjang hidupnya, dari sejak ia dilahirkan samapi ia meninggal. Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan manusia bertujuan untuk memahami dan menjelaskan bagaimana dan mengapa manusia berubah/berkembang selama hidupnya. Yang menjadi objek kajiannya menyangkut semua aspek perkembangan manusia, mencakup aspek psikologis, emosi, intelektual, sosial, serta perkembangan kepribadian seseorang.

Sangat penting untuk mempelajari perkembangan manusia tidak hanya pada ranah fisiologis maupun psikologis saja, tetapi juga ranah sosiologis, pendidikan, serta kesehatan. Karena perkembangan tidak hanya mencakup ranah fisik dan kejiwaan saja, akan tetapi juga menyangkut ranah kognitif dan ranah sosial.
Mempelajari tentang perkembangan manusia sangat penting dalam beberapa subjek kajian, mencakup biologi, antropologi, sosiologi, pendidikan, sejarah, dan psikologi. Meskipuin sebjek-subjek kajian lainnya juga tidak kalah penting. Dengan lebih memahami bagaimana dan mengapa manusia itu berubah dan tumbuh, maka kita dapat menerapkan ilmu tersebut untuk menolog manusia dalam hidupnya agar pontensi yan ia miliki berkembang dengan maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar

Andri reborn ©2010Contact 081334203055. Design by :Andri reborn Sponsored by: Plat-N South Nasirab